PENGERTIAN PERENCANAAN STRATEGIS

Perencanaan strategis adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi ini. Tujuan strategi adalah keuntungan kompetitif yang dapat dipertahankan, yang dapat muncul dari bagian maupundari kegiatan organisasi.

Tiga alasan pentingnya perencanaan strategis :

Perencanaan strategi memberikan keragka dasar bagi perencanaan-perencanaan lainnya

Pemahaman terhadap perencanaan strategis akan mempermudah pemahaman bentuk perencanaan lainnya

Perencanaan strategis merupakan titik permulaan bagi penilaian kegiatan manajer dan organisasi

KARAKTERISTIK  PERENCANAAN STRATEGIS

1. hubungan dengan formulasi strategi

2. evolusi dari perencanaan strategis

Manfaat dan keterbatasan dari perencanaan strategis :

Proses perencanaan strategis formal dapat memberikan kepada organisai :

(1)   Kerangka kerja untuk mengembangkan anggaran tahunan.

Manfaat penting dari pembuatan suatau rencana strategis adalah bahwa rencana tersebut memfasilitasi formulasi dan anggaran operasi yang efektif.

(2)   Alat pengembangan manjemen

Perencanaan strategi formal adalah alat pendidikan dan pelatihan manajemen yang unggul dalam memperlengkapi para manajer dengan suatu pemikiran mengenai strategi dam implementasinya. Tidak berlebihan jika dikatakan bahwa dalam perencanaan strategi formal, proses-itu sendiri adalah jauh lebih penting dibandingkan dengan output dari proses tersebut, yang merupakan dokumen rencana.

(3)   Mekanisme untuk memaksa manajemen agar memikirkan jangka panjang.

Manajer cenderung untuk lebih khawatir  mengenai masalah-masalah taktis dan pengelolaan urusan-urusan bisnis rutin saat ini dibandingkan mngenai penciptaan masa depan. Proses perancaan strategis formal memaksa manajer untuk menyediakan waktu guna memikirkan masalah-masalah jangka panjang yang penting.

(4)   Alat untuk menyejajarkan manajer dengan strategi jangka panjang perusahaan.

Debat, diskusi, dan negoisasi yang terjadi selama proses perencaan mengklarifikasi strategi korporat, manyatukan dan menyejajarkan manajer dengan strategi semacam itu, dan mengungkapkan implikasi dari strategi korporat bagi manajer individual.

PERAN RENCANA STRATEGIS

1. Menentukan batasan usaha/bisnis.

Memilih fokus bidang usaha yang akan dikembangkan yang didasarkan pada semua lapisan manajemen.

 2. Memberikan arah perusahaan.

Menentukan batasan usaha dan arah perusahaan merupakan dua sisi dari satu mata uang yang mendasari atau dihasilkan. Kedua hal itu merupakan dasar penyusunan priorotas tindakan dan kebijakan perusahaan dalam menghadapi perubahan lingkungan.

 3. Mengarahkan dan membentuk kultur perusahaan.

Rencana strategis menunjang pengarahan dan pembentukan budaya lewat proses interaksi, tawar-menawar, atau komunikasi timbal balik.

4. Menjaga kebijakan yang taat asas dan sesuai.

5. Menjaga fleksibilitas dan stabilitas operasi.

6. Memudahkan penyusunan rencana kegiatan dan anggaran tahunan.

 

SUMBER :

About these ads