SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

PENJELASAN TENTANG DATA, SISTEM DAN INFORMASI

Setiap perusahaan pasti mempunyai dan memerlukan data. Data merupakan suatu kejadian yang nyata atau fakta-fakta yang bisa dirasakan dengan kelima panca indra kita. Data tersebut digunakan untuk kelangsungan kegiatan operasional perusahaan. Data tersebut kemudian diolah sedemikian rupa oleh pihak tertentu atau manajer untuk dapat memberi manfaat berupa informasi. Informasi sangat berharga dan berguna untuk kelangsungan hidup perusahaan. Informasi itu berfungsi untuk kepentingan internal dan eksternal. Untuk menghasilkan informasi yang tepat, cepat dan akurat data harus dikelola dengan baik maka diperlukan sebuah sistem untuk mengolah data tersebut. Sistem adalah suatu susunan kegiatan yang saling berkaitan satu sama lain untuk melaksanakan dan mempermudah kegiatan suatu perusahaan atau organisasi. Sistem harus mempunyai tujuan yang sama agar dapat mendapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan pemakai informasi.

 

Contoh Data, Sistem Dan Informasi Pada Koperasi.

Sistem tidak akan barjalan bila tidak memiliki tujuan yang sama, hasil dari sistem tersebut yang menghasilkan informasi. Seperti di koperasi, pada laporan pencatatan persediaan barang dagang, yang disebut data di laporan tersebut adalah barang dagangan, nota pembelian, nota penjualan dan lainnya.

Sedangkan sistemnya, seorang penjaga koperasi mencatat semua data yang ada dalam satu buku, lalu dibuat sebuah jurnal dan mengkelompokkan data barang tersebut sesuai dengan kelompok data tersebut, misalnya kelompok makanan, pembersih pakaian dan lain-lain. Jika terjadi penjualan maka dibuat nota pejualan dan jika pada saat pembelian barang dagangan maka akan mendapatkan nota pembelian. Pencatatan tersebut dilakukan setiap hari pada saat pembukaan koperasi dan penutupan koperasi.

Hasil yang dihasilkan dari proses tersebut adalah laporan persediaan barang dagang. Dan laporan persediaan barang dagang tersebut akan dilaporkan ke bagian bendahara untuk dilanjutkan membuat laporan keuangan. Dan laporan keuangan tersebut dilaporkan kepada ketua koperasi beserta perinciannya agar dapat melakukan pertimbangan dan perencanaan dalam menentukan jumlah minimum persediaan yang ada setiap bulannya dan agar dapat menargetkan jumlah laba yang akan dihasilkan untuk periode berikutnya.

Ketua koperasi membuat perencanaan kemudian menganalisa rencana tersebut dan membuat perancangan untuk dilakukannya realisasi, setelah direalisasikan tinggal menunggu apa rancangan atau sistem tersebut akan berfungsi atau berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat sebelumnya. Maka dari itu informasi yang disampaikan kepada ketua juga digunakan untuk pengevalusian sistem yang ada untuk kemajuan koperasi tersebut. Laporan persediaan barang dagang merupakan informasi yang dihasilkan untuk bagian bendahara dalam mengambil keputusan selanjutnya.

 

Sumber : http://www.google.com

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s