PENGGUNAAN KOMPUTER DI PASAR INTERNASIONAL

PERUSAHAAN MULTINASIONAL

Perusahaan multinasional (multinational corporation) atau MNC adalah perusahaan yang beroperasi melintasi berbagai produk, pasar dan budaya. MNC terdiri dari perusahaan induk dan anak-anak perusahaan. Anak-anak perusahaan tersebut secara geografis dan masing-masing mungkin memiliki tujuan dan kebijaksanaan dan prosedur tersendiri. Dengan bentuk tersebut, MNC mungkin merupakan bentuk organisasi paling rumit yang keberadaannya saat ini meluas.

Karakter Perusahaan Multinasional

Karakteristik yang dimiliki oleh sebuah perusahaan multinasional antara lain :

  • Membentuk afiliasi di luar negeri
  • Visi dan strategi yang dimiliki perusahaan bersifat global (mendunia)
  • Lebih cenderung memilih kegiatan bisnis tertentu, umumnya manufaktur
  • Menempatkan afiliasi di Negara-negara maju

 

Jenis-jenis Struktur Organisasi MNC

Menurut William Egelhoff dari Fordham University, MNC dapat mengorganisasikan menurut divisi fungsional sedunia (worldwide functional division), divisi internasional (international divisions), wilayah geografis (geographic regions), atau divisi produk sedunia (worldwide product divisions).

Divisi fungsional sedunia

Anak-anak perusahaan diorganisasikan menurut jalur fungsional-manufaktur, pemasaran dan keuangan. Bidang-bidang operasional di anak perusahaan melapor langsung ke pasangan fungsional mereka ke induk perusahaan. Dengan demikian data yang mengintegrasikan seluruh operasi perusahaan tidak teradapat pada tingkat yang lebih rendah. Sehingga perencanaan strategis MNC harus dilakukan pada tingkat eksekutif puncak di perusahaan induk.

Divisi internasional

Semua anak perusahaan di luar negeri melapor pada suatu divisi internasional MNC yang terpisah dari divisi domestik.

Wilayah geografis

MNC membagi operasinya menjadi wilayah-wilayah dan tiap wilayah bertanggung jawab atas anak-anak perusahaan yang berlokasi dalam batasnya. Tidak ada komunikasi antar wilayah karena arus informasi dari tiap wilayah langsung dikoordinasikan dengan staf dikantor pusat (perusahan induk).

Divisi produk sedunia

Perusahaan diorganisasikan menurut jalur divisi produk, dan tiap divisi bertanggung jawab atas operasi mereka sendiri di seluruh dunia. Sehingga memungkinkan MNC lebih mudah mengenali beragam kebutuhan produk dari berbagai anak perusahan dan menyesuaikan lini produk menurut kebutuhan tersebut.

DAMPAK POSITIF :

1. padat karya

2. menambah devisa negara

3. SDM yang unggul

4. teknologi yang canggih

 

DAMPAK NEGATIF :

1. pencemaran yang dihasilkan

2. kesenjangan sosial antara tenaga kerja Indonesia dan Asing

3. Indonesia menjadi target penjualan

 

STRATEGI BISNIS GLOBAL

A. Strategi Multinasional;  perusahaan induk memberikan kebebasan kepada anak perusahaan untuk mengembangkan produk dan praktek mereka sendiri serta senantiasa memberikan pelaporan keuangan (desentralisasi). Strategi ini menimbulkan kendurnya pengendalian oleh perusahaan induk (kantor pusat), dan sistem informasi memudahkan desentralisasi dalam pengambilan keputusan strategis serta terdiri dari proses dan database yang berdiri sendiri (oleh anak perusahaan).

B. Startegi Global; pengendalian ada di perusahaan induk (sentralisasi proses & database). Perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia dengan produk-produk standar. Produk untuk seluruh pasar dunia diproduksi secara sentral dan dikirimkan ke anak-anak perusahaan. Hal tersebut mengakibatkan sebagian besar kapasitas system informasinya berlokasi diperusahaan induk dan terdapat sentralisasi proses dan database. Pengendalian sangat ketat dan strategi diatur oleh pusat.

C. Strategi Internasional; perpaduan strategi global (sentralisasi) dan strategi multinasional (desentralisasi). Strategi ini memerlukan suatu tim manajemen diperusahaan induk yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan menembus pasar global. Keahlian ini disediakan anak perusahaan yang digunakan untuk mengadaptasi produk, proses dan strategi perusahaan bagi pasar mereka sendiri. Dengan strategi ini akan menggunakan system interorganisasi yang menghubungkan proses dan database perusahaan induk dengan anak perusahaan.

D. Strategi Transnasional;  perusahaan induk dan semua anak perusahaan bekerja sama memformulasikan strategi dan kebijakan operasi, mengkoordinasikan logistik agar produk mencapai pasar yang tepat. Pada strategi ini, tanggung jawab yang besar pada pengelola database induk memastikan keseragaman rancangan database di seluruh dunia.

Sistem informasi yang digunakan MNC ketika mereka mengikuti empat strategi bisnis tersebut dinamakan Sistem Informasi Global (Global Information System – GIS), yang merupakan suatu system yang terdiri dari jaringan-jaringan yang melintasi batas-batas Negara.

 

SUMBER :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s