SOFTWARE

PENGERTIAN SOFTWARE

Perangkat Lunak (software) dan Perangkat Keras (hardware) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam sebuah komputer. Perangkat lunak (software) adalah kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya, perangkat lunak ini merupakan catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah maupun dokumen serta arsip lainnya.

dimengerti oleh mesin komputer.

Fungsi software yaitu :

  • Saran interaksi antara pengguna dan perangkat keras
  • Mengidentifikasi program
  • Menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan terkontrol
  • Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien

 

Perangkat lunak dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

Program aplikasi

Sistem operasi

Bahasa pemrograman

 

Jika dilihat dari pendistribusiannya, software sendiri dibagi menjadi beberapa macam yaitu :

  • Software berbayar
  • Open source software
  • Free software
  • Shareware
  • Freeware

Beberapa jenis software komputer menurut fungsinya :

Operating Sistem  : software yang merupakan sumber dari software lainnya yang dapat mengijinkan software lainnya untuk berjalan. Contoh, Windows Vista, Mac OS X dan Linux.

Software Driver : program ini mengijinkan komputer untuk dapat berinteraksi dengan perangkat hardware tambahan seperti printer, scanner dan video cards.

MLM Software : software ml mini dapat membantu dan mempermudah pebisnis mlm untuk mengatur, mengontrol dan memantau bisnis mlm. Contoh software ini adalah strategic management report.

Software Pendidikan : berbeda dengan jenis program sebelumnya, software pendidikan ini dapat mengajarkan apapun dari komputer, melakukan aktifitas yang berhubungan seperti mengetik atau berbagaui macam jenis pendidikan lainnya seperti kimia.

Software Produktifitas : jenis software ini mengijinkan pengguna untuk lebih produktif baik itu dalam menjalankan bisnis atau menjalankan aktifitas produktif lainnya. Contoh dari software ini adalah software pengolah huruf (Ms Word). Software pengatus database,software presentasi dan beberapa software lainnya.

Software Games : jenis software ini termasuk dalam katagori entertainment atau hiburan, software ini memiliki berbagai macam jenis. Jenis-jenis tersebut seperti MMOs (Massive Multiplayer Online games), first-person shooters, action games, roleplaying games dan game petualangan.

Media player dan pengembangan software media lainnya. Software yang dibuat untuk dapat memainkan atau mengedit media digital seperti file music atau video.

 

PENGERTIAN SISTEM OPERASI

Pengertian system operasi secara umum adalah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada system komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan pengguna serta pemanfaatan sumber-daya system komputer.

System operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Perangkat lunak dapat juga dikatakan sebagai penerjemah perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan atau diproses oleh perangkat keras.

Fungsi utama system operasi (Agung Setiawan, 2003) adalah sebagai berikut :

Menyimpan program dan aksesnya

Membagi tugas di dalam CPU

Merekam sumber data

Mengatur memori termasuk menyimpan, menghapus dan mendapatkan data

Memeriksa kesalahan system

Memelihara keamanan system khusus pada jaringan yang memerlukan password (kata kunci)

 

Bagian-bagian dari Sistem Operasi

  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
  2. Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
  3. Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
  4. Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  5. Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
  6. Kernel yaitu inti dari sebuah system
  7. Pustaka-pustaka yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain

 

SUMBER :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s