KOMPOSISI KEHIDUPAN DI NEGARA PERMATA HIJAU DUNIA

perekonomian-indonesia

Sebelumnya saya sudah membahas tentang pengaruh permata hijau dari negeri mungil terhadap dunia. Pengaruh yang sekarang ada tidak terlepas dari pemerintah dan rakyatnya yang telah berjuang dengan sangat keras hingga mendapat posisi khusus di mata dunia. Pemerintah yang telah menyusun sedemikian rupa kebijakan serta rakyat yang telah berjuang keras dengan segenap kekuatan yang ada agar misi-misi dari pemerintah dapat berjalan dengan lancar, karena apa pun kebijakan yang dibuat pemeritah adalah untuk kebaikan dan kemajuan rakyatnya.

Untuk mengetahui apakah Sri Lanka telah mengalami perkembangan dapat kita dilihat dari salah satu indikator ekonomi yang sangat penting yaitu Pendapatan Nasional atau GDP (Gross Domestic Product). GDP adalah pendapatan nasional yang nilainya dihitung dengan cara menjumlahkan seluruh kegiatan produksi yang oleh semua pelaku/sektor ekonomi di wilayah tertentu dalam kurun waktu tertentu. Menurut informasi dari website kementrian luar negeri Indonesia yang ada di Sri Lanka, GDP tahun 2012 secara total USD 59,17 miliar (2011, World Bank). Sementara itu angka pertumbuhan GDP ditahun 2008 mencapai 6,5% dengan perkiraan rata-rata untuk tahun 2009-2013 akan turun menjadi 5,4%.

Menurut Hendra Esmara, ada 3 komponen yang dianggap perlu diperhatikan dalam rangka mengukur kemakmuran dan kesejahteraan suatu negara, yaitu :

  1. Penduduk dan kesempatan kerja; di Sri Lanka sebagian besar penduduknya tinggal dipedesaan jadi banyak kesempatan kerja yang ada karena agrobisnis serta wilayah pesisir Sri Lanka sudah banyak dieksplor oleh pemerintah.
  2. Pertumbuhan ekonomi; pertumbuhan ekonomi di Sri Lanka mengalami kenaikan serta penurunan yang disebabkan karena proses perkembangan negara tersebut.
  3. Pemerataan dan kesejahteraan masyarakat; untuk proses ini pemerintah telah banyak melakukan pembangunan infrastruktur dan pengembangan pasar dengan melakukan kebijakan pasar terbuka yang diharapkan dapat membawa kesejahteraan terhadap masyarakat.

 pendapatanm perkapita sri lanka

pendapatanm perkapita sri lanka - 2

Untuk penyusunan anggrannya berikut susunan anggaran belanja Sri Lanka

apbn - sri lanka

Untuk hubungan kerjasama Internasional, Sri Lanka juga menjalin hubungan dengan Indonesia. Sejak tahun 1977, program KTNB yang berbentuk pendidikan dan latihan kejuruan yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia bekerjasama dengan JICA (Jepang) kepada pemerintah Sri Lanka telah disambut baik dengan mengikutsertakan para pejabat pemerintah terkait yang memiliki dan memenuhi Kriteria/persyaratan yang diperlukan. Setiap tahunnya antara 8 s/d 12 orang pegawai Sri Lanka telah mengikuti pendidikan dan latihan tersebut diatas dalam berbagai bidang. Pelaksanaan KTNB telah berhasil mempererat hubungan bilateral dan kerjasama ekonomi kedua Negara.

Indonesia dan Sri Lanka telah menanda tangani beberapa Nota Kepahaman (MOU), antara lain dibidang Kerjasama Ekonomi dan Tehnik, Perjanjian Promosi dan Perlindungan Investasi yang ditanda tangani pada saat kunjungan Menteri Luar Negeri Sri Lanka ke Indonesia pada tanggal 9-12 Juni 1996, dibidang Pertanian tahun 2004 tentang P3B, pembentukan Komisi Bersama RI-Sri Lanka, dan kerjasama memerangi terorisme (Oktober 2007 di New York).

Ketika KAA kemarin, ada banyak pengajuan kerja sama lainnya dari Sri Lanka ke Indonsesia seperti dikutip dari berita liputan enam berikut, “Pak Jokowi diminta untuk meningkatkan sektor ekspor impor dengan Sri Lanka, misalnya untuk komoditas mutiara, tambang, dan kayu manis. Pak Jokowi sampaikan, ia akan teruskan pesan tersebut kepada menteri terkait setelah kabinet terbentuk,” kata Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang mendampingi pertemuan di Jakarta, Minggu (12/10/2014).

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber :

http://id.tradingeconomics.com/sri-lanka/gdp-per-capita

http://id.tradingeconomics.com/sri-lanka/government-budget-value

http://news.liputan6.com/read/2117998/sua-jokowi-menlu-sri-lanka-minta-kerjasama-2-negara-ditingkatkan

http://www.kemlu.go.id/colombo/Pages/TipsOrIndonesiaGlanceDisplay.aspx?IDP=2&l=id

http://www.kemlu.go.id/colombo/Pages/CountryProfile.aspx?IDP=4&l=id

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s